Selasa, 04 September 2012

all about Prof. Dr. Azhar Arsyad, MA

Diposting oleh Unknown di 00.23

dikutip from http://azhararsyad.uin-alauddin.ac.id/?hal=2 
Azhar Arsyad, lahir di Toli-Toli pada tanggal 3 Juni 1952. Melanjutkan Sekolah Rakyat (SD) di Wani di Donggala dan di Toli Toli. Setelah tamat Pondok Modern Gontor, tahun 1972, ia memperoleh gelar B. A (1976). dan Doktorandus pada Jurusan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin (tahun 1979). Memperdalam masalah akademik di University of Minnesota, Amerika Serikat pada musim panas 1984. Setelah itu, mengikuti kuliah Studi Komunikasi Antar-Budaya pada Jurusan Antropologi di Portland State University pada Musim Gugur 1984 dan memperoleh sertifikat di bidang TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages) dari Georgetown University, Washington D.C. pada Musim Panas 1985. Meraih gelar Master of Arts dalam bidang Linguistik dari State University of New York pada bulan Desember 1985 (beasiswa Fulbright). Terakhir meraih gelar Doktor dari UIN Syahid, Ciputat 1999.





Pada Musim Gugur 1990, kembali ke Amerika mengikuti training dalam bidang Administrasi dan Manajemen Perguruan Tinggi di University of Kentucky. Pada tahun 1992-1993, mendapat kehormatan untuk mengikuti Mid-Career Profesional Training di bidang Manajemen Perguruan Tinggi selama satu tahun di Boston University, USA. Terakhir, mengikuti workshop dan penerjemah di bidang Manajemen Stratejik pejabat eselon I di McGill University, Montreal, Canada tahun 1996.





Azhar Arsyad beberapa kali memenuhi undangan baik secara pribadi maupun atas nama pemerintah Indonesia untuk membawakan makalah pada seminar-seminar dan konferensi internasional antara lain di International Islamic University, Kuala Lumpur (1987), University Sains, Penang, Malaysia (1988), Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat (1993), KAIS (Korean Association of Islamic Studies), Seoul, Korea Selatan (1994), McGill University, Montreal, Canada (1996), Universitas Kebangsaan Malaysia tahun 2001, Konfrensi Janadriyah di Riyadh, Saudi Arabia atas undangan Kerajaan Saudi (2003), Department of Political Science, School of Social and Cultural Studies,University of Western Australia, Perth (2003), al-Azhar University, dan Universitas Cairo, Mesir (2003), Alul-Bait Foundation, kota Qum, Perpustakaan Ali Ridza di Masyhad, dan Tehran, Republik Islam Iran (2003). Melakukan Participatory and Planning Meeting di Mc.Gill University Canada. Tanggal 3 s/d 5 Oktober 2004 diminta oleh The Istanbul Foundation for Science and Culture untuk membawakan makalah pada Symposium Internasional di hotel Kaya Ramada, Istanbul, Turki dengan judul paper “Musahamatul al-Tarbiyah alDiniyah fi al-Tafahum wa ishlahi alDunyaa al-Mumazzaq, dan memotori serta menggagas dua konferensi Internasional yang diikuti oleh beberapa Negara di Makassar “ Islam and World Peace” tahun 2001 dan “ Islam, the West, and the Rest” tahun 2005. Memenuhi undangan DAAD untuk mengadakan penjajakan kerjasama dengan Beberapa Perguruan Tinggi di Bonn, Frankfurt, dan Hamburg, Jerman, Perancis, dan Belanda mulai tanggal 5 Maret s/d 15 Maret 2005, Melakukan Professional Development ke beberapa perguruan tinggi di Johansburg, Cape Town, dan Pretoria, Afrika Selatan mendampingi Wapres, mengadakan MOU antara International Peace University, South Africa dan UIN Alauddin 26-27 September 2005. Terakhir kembali diundang oleh pemerintah Jerman untuk melakukan jejaring di Berlin dan kota kota lainnya di Jerman November 2006





Di bidang profesi dan sosial kemasyarakatan, beliau berperan diantaranya sebagai dewan pakar ICMI pusat dan pengawas Ikatan Sarjana Manajemen Pendidikan Indonesia.





Sejak awal tahun 1997 menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Makassar, dan awal Juli 2002 menjabat sebagai Rektor IAIN Alauddin Makassar dan terpilih kembali menjadi Rektor UIN Alauddin 2006- 2010. Juga sebagai Koordinator Kopertais Wilayah VIII se Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sejak Oktober 2003 Azhar Arsyad dianugrahi Professor (Guru Besar penuh) dalam Ilmu Manajemen dengan pangkat Pembina Utama (Gol. IV/e)

1 komentar:

Gioms a...n on 17 Juli 2022 pukul 01.15 mengatakan...

Kak, boleh minta kontak nya, saya mau nanya nanya soal blog kaka

Posting Komentar

 

Catatan Tak Bertuan Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos